Blogger Widgets

Minggu, 12 Juli 2015

TIPS SNMPTN dan SBMPTN



TIPS SNMPTN dan SBMPTN


Bismillaah
Assalamu’alaikum adik-adik… Nah, berhubung sekarang lagi masuk tahun ajaran yang baru, saya mau kasih selamat buat adik-adikku yang sekarang diterima di SMA, juga yang untuk kelas 11, selamat yah sudah bukan jadi siswa baru lagi :D dan untuk yang kelas 3, selamat telah menjadi ‘kakak tertua’ di sekolah.. cie :D Nah  berhubung, jenjang pendidikan setelah bangku SMA, adalah perguruan tinggi, kakak punya beberapa tips nih berdasarkan pengalaman kakak sendiri, maupun teman-teman kakak yang lain… okee check it out.


Pertama, untuk adikku yang baru diterima di SMA, yang insyaa Allah akan duduk di kelas X… PERJALANAN BELUM SELESAI loh Dek.. jangan karena adik-adikku diterima di SMA pilihan, SMA Favorit, SMA unggulan atau apalah lalu membuat adik-adikku terlena. Nah, 3 tahun ke depan insyaa Allah menunggu kalian. Maka, kencangkan ikat pinggang kalian, buka lebar-lebar mata kalian, dan camkan dihati kalian, setelah SMA, “Kalian, mau lanjut tidak?” Nah untuk yang mau lanjut, SMA bukan tempat bermain yah dek..bukan lagi masa-masanya kalian bersenang-senang, pulang sekolah masih nongkrong gak jelas di rumah teman, sesampainya di rumah kerjanya cuma makan, tidur, nonton tv.. STOP! Hilangkan kebiasaan buruk itu! Refreshing sih boleh aja, tapi jangan keterusan… Nah, kalian benar-benar harus focus ketika belajar di sekolah, kenapa? Pelajaran kelas X itu bisa jadi dasarnya. Banyak yang sudah kelas XI atau kelas XII ketika ditanya tentang pelajaran kelas X, ‘LUPA!, NGGAK TAU’ .. Ya, lupa memang hal lumrah bagi manusia, tapi setidaknya kita meminimalisirnya kan dek… oh iya, ‘LUPA’ dan ‘NGGAK TAU’ beda loh… yang lupa bisa saja ketika diberitahu bakalan bilang ‘Oh iya, iya aku ingat’ .. yang ‘nggak tau’ ketika diberitahu ibaratnya baru kali pertama dapat pelajaran itu.. kenapa? Ya, itu tadi.. ‘TIDAK FOKUS’ ketika belajar. Saran kakak nih, kalau di kelas kalian nggak ngerti, tanyakan ke gurunya, atau ke teman kalian yang ngerti.. JANGAN MALU-MALU atau GENGSI yah! Ingat juga, untuk SNMPTN, nilai rapor kalian sangat menentukan, jadi jangan main-main, kalian harus mendapatkan nilai yang baik mulai dari sekarang.

Yang kedua, untuk adik-adikku di kelas XI. Nah untuk tahapan ini, kalian sekarang mungkin sudah punya banyak teman, sudah tahu teman kalian yang paling pinter, sudah tau sifat-sifat teman kalian, sudah tahu metode mengajar guru-guru, sudah tahu keadaan sekolah kalian, sudah tahu cara belajar kalian bagaimana..ya pokoknya sudah banyak tahunya deh :D Nah, biasanya tuh di kelas XI yang paling sibuk. “Loh kok bisa? Emang sibuk apaan?” kalau pengalaman pribadi, sibuknya itu karena KERJA KELOMPOK dan PR yang bejubel!! Nah untuk kalian, “JANGAN COBA-COBA BERMASA BODOH” terutama yang namanya kerja kelompok!... “Ah, biarin aja Kak, kan si anu itu bisa kok kerjain ini semua”..”Nggak apa kok Kak, si anu bilang dia mau kerja sendiri saja” STOP STOP! Apapun alasan yg semacam itu, kalian harus tetap nimbrung untuk kerja kelompok. Mau ada teman kalian yang paling pinter kek, mau ada teman kalian yang nawarin kerja semuanya kek, terserahh, karena bukan hanya teman kalian yang mau pintar, kalian juga kan?? 

Nah, masalah yang kedua, ketika kerja kelompok bareng-bareng di rumah teman… iya, katanya ‘kerja kelompok’ , tapi yang jadi malah ngegosip, ngobrolin yang gak penting atau sejenisnya.. udah-udah, kebiasaan ini harus dihentikan mulai sekarang ya dek! Bukan teman kalian yang kerja tugas itu yang kasian, tapi kalian yang kerjanya Cuma ‘datang duduk gossip’, yang kasian,,, ilmu tak dapat, dosa dapat.. kan rugi banget tuhh .. Nah untuk masalah PR.. karena namanya PEKERJAAN RUMAH, jangan coba-coba menggantinya jadi PS (PEKERJAAN SEKOLAH) !! Adik perlu tahu, PR itu kalau kalian sendiri yang ngerjain, insyaa Allah ilmunya bisa lebih lama kesimpen, jadi gak mudah lupa..apalagi kalau ulangan/ujian, kan biasanya tuh soal yang mirip dengan PR itu yang keluar, Kalau di rumah, kalian benar-benar ngeblank.. sudah jungkir balik kerja soal, kepala udah nyut-nyutan belum dapat-dapat juga hasilnya, tenaang…kalian singkirin tuh rasa gengsi kalian.. telpon teman kalian, dan sampaikan apa yang sudah kalian dapat, nah kalian bisa sharing sama teman kalian… kalau semua teman kalian juga kagak tahu, kalian bisa atur sama-sama, besok bertanya ke guru yang bersangkutan, kalau kalian 1 kelas kagak ngerti dengan soal yang dikasih..

Nah untuk yang sudah kelas 3..  dimasa=masa ini, kalau kalian yang dulunya biasa-biasa aja sekolahnya, tingkatin jadi luar biasa, kalau kalian yang dulunya serius sama sekolahnya, tingkatin lagi jadi seriuss bangett.. jangan merasa puas sama nilai-nilai kalian dari kelas X dan XI. Udah, di kelas XII, kalian harus FOKUS KUS KUS!! Ibaratnya di kelas X, pakai kacamata, di kelas XI pakai Lup, di kelas XII kalian pakai mikroskop!! Jam belajar kalian sebaiknya di tambah, dan jam tidur kalian kurangi. Kalian bisa pilih nyamannya kalian saja kapan kalian ingin belajar.. ada yang senang belajar dari selesai sholat isya hingga tengah malam, ada yang senang belajar subuh-subuh, ada juga yang senang tidur sehabis sholat isya, bangun jam 10, tidur jam 2, bangun jam 4, belajar sebentar  lagi lalu sholat shubuh ketika telah waktunya.. ya bagaimana kalian saja yang nyamannya deh.. 

Nah yang gak kalah pentingnya juga nih, dimasa-masa ini biasanya lagi akrab-akrabnya sama teman sekelas,.ya kan udah 2 tahun lebih kan yah bersama-sama mereka.. nah yang perlu kalian ingat, JAGA JARAK sama teman lawan jenis kalian.. boleh berkomunikasi untuk hal-hal yang benar-benar penting..Ingat, jangan sampai kalian terjatuh pada kemaksiatan yang namanya PACARAN! Oh nooo..jangan ya dek.. “Aku bisa kok Kak, kontrol nilai aku, walaupun pacaran”..”si dia selalu nyemangatin aku kok Kak, selalu ngingatin aku” STOP! STOP! Apapun alasan kalian, yang namanya pacaran itu haram, ya haram,, mau nilai kalian semakin bagus kek, mau konsentrasi kalian tetap focus kek..pokoknya KAGAK BOLEH! Kalian nggak malu, ketika tengah malam, kalian asyik smsan dgn si dia, di sisi lain ada teman kalian yang tengah bermunajat kepada-Nya? Kalian gak malu ketika kalian asyik bersama dengan si dia, ada sekelompok teman kalian tengah belajar bersama? “Ya udah deh Kak, untuk sementara aku putusin dia..ntar kalau udah lulus balikan lagi” Heyyy, adikku.. kapanpun itu, yang namanya maksiat ya tetap maksiat.. Kalau kalian malu dan takut kepada Allah, bulatkan tekad untuk tidak mendekati zina.. Kalian tahukan, mendekati zina saja dilarang, apalagi melakukan zina? Kalian bisa jamin gak, ketika pacaran hati kalian tidak bermaksiat? Pikiran kalian gak bermaksiat? Kalian gak lakukan zina mata, kaki, dan tangan? NGGAK KAN? Ya udah, jauhin lah dek.. yang gak pacaran aja bisa saja melakukan demikian, apalagi yang pacaran.. Nah, kuncinya itu tadi dek, JAGA JARAK.. Nah, tips berikutnya,sisihkan uang kalian untuk membeli buku UN dan SBMPTN.. jangan pelit-pelit  -__- Handponenya elit, tapi buku kok gak bisa beli? Untuk yang memang kagak ada uang, tenaang, kalian bisa download soal-soal dan pembahasannya di internet..

Nah, sekadar info ya adik-adik, untuk tahun ini (2015) dari jumlah yang mendaftar SNMPTN sebanyak 852.093, yang diterima hanya 137.005 atau sekitar 16,08% siswa.. Artinya, para siswa benar-benar harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai rapor yang tinggi!!! Tapi kalau kalian tidak lulus di SNMPTN, jangan berkecil hati..masih ada SBMPTN.. ya, harus kakak katakan, jangan anggap remeh SBMPTN ya dek, soalnya bakalan rumit berkali-kali lipat dibandingkan soal UN..Jadi buat yang merasa nilai UN nya rendah karena soalnya susah, perlu belajar ekstra nih untuk menghadapi SBMPTN. Bukan hanya itu, pesaing kalian di SBMPTN bukan hanya dari angkatan kalian saja, tapi 2 tahun sebelum kalian, misalnya tahun ini, yang ikut SBMPTN adalah angkatan 2013, 2014, dan 2015.. Artinya apa? Kalian akan bersaing dengan orang-orang yang pantang menyerah dan tentunya sudah berpengalaman mengenai soal-soal SBMPTN.. Eitss jangan takut ya Dek..kakak menyampaikan ini agar adik-adik lebih ‘WASPADA’ lagi..
Kalau kalian sudah berusaha semaksimal mungkin dan berdoa dan ternyata belum lulus juga…maka yakinlah, bahwa itu adalah yang terbaik buat adik-adikku.. Allah tahu yang mana yang terbaik untuk kalian.. yakinlah.. J Gak ada yang sia-sia kok.. Allah Maha Mengetahui usahamu dan Allah tahu yang terbaik untukmu.. Maka, tetap yang nomor 1 adalah dekatkan diri kepada Allah, bukan karena kalian ingin lulus, tapi karena kalian adalah hamba-Nya.. Allah berfirman, “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56) .. dan sekali lagi, gak lulus SNMPTN, gak lulus SBMPTN bukan akhir..masih banyak kok jalur-jalur lainnya,, atau kalau coba semua jalur juga gak lulus, coba lagi tahun depan..jangan berhenti berdoa dan berusaha ya dik..jangan putus asa.. Keep Hamasah :D

Allahul musta'an

Syukron ^^
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh... terima kasih telah membaca artikel di atas..Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua... Jazakumullah khoiron
Share This

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk Baca ini juga :)

 

Retno Mayapada Copyright © 2009 Fashionzine is Designed by Ipietoon for Bie Blogger Template
In Collaboration With Teen Celebrities